Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Dan Kecantikan




Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Kunyit dikenal luas dengan nama latinnya curcuma domestica val. dan kunyit termasuk salah satu tanaman rempah dan obat herbal yang masih satu keluarga dengan jahe(rhizomatous). ciri khas kunyit adalah mempunyai buah umbi (rimpang) yang berwarna kuning dengan kulit luarnya berwarna kecoklatan dengan rasa yang sedikit pahit dan pedas dan bau yang sedikit tajam.

Kaebanyakan orang indonesia dan orang asia pada umumnya mempergunakan kunyit sebagai pelengkap bumbu masakan, pewarna makanan dan minuman juga pengawet makanan serta sebagai bahan pengobatan tradisional untuk  menjaga kesehatan serta kecantikan  rimpang kunyit mengadung senyawa aktif yang sangat berkhasiat untuk tubuh seperti :
- minyak asitri 6% , 
- curcuminoid 5%,
- karbohidrat 3%, 
- protein 30%,
- lemak 1-3%,
- pati 8%,
- vitamin C 45-55%,
dan selebihnya terdiri dari kalium,fosfor,juga zat besi.

Ada beberapa macam jenis kunyit yang berada di indonesia seperti kunyit putih, kunyit kuning, kunyit merah dan kunyit hitam. kunyit mempunyai warna kuning yang khas yang berasal dari zat warna yang sangat bermanfaat untuk tubuh yang disebut curcurminoid yang mengandung senyawa curcumin, demestoksikumi 10% dan bisdesmetoksikurkumin 1-5%. maka sudah sejak dulu masyarakat indonesia dan masyarakat asia lainya memanfaatkan rimpang (umbi) kunyit yang berkhasiat ini untuk bahan pengobatan tradisional untuk menjaga kesehatan dan kecantikan seperti :

Mengatasi sakit mag
- bahanya ; sediakan seibu jari rimpang kunyit 
- cara pembuatanya : cuci bersih rimpang kunyit tersebut kemudian parutlah rimpang kunyit dan diberi air matang lalau diperas untuk diambil  air sarinya.
- cara penggunaannya diminum 2 kali sehari di waktu pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur.

Mengobati batuk
- bahanya : sediakan rimpang kunyit sebesar kelingking, sedikit jahe gula batu secukupnya dan 1 buah jeruk nipis
- cara pembuatanya : cuci bersih kunyit dan sedikit jahe tersebut dan parutlah kemudian seduh dengan air  matang dan saring kemudian tambahkanlah gula batu secukupnya dan air perasan jeruk nipis 
- cara penggunaanya : diminum ramuan kesehatan tersebut 2 kali sehari sampai sembuh.

Mengatasi Haid tidak lancar
- bahannya : 2 rimpang kunyit, 1/2 sendok teh ketumbar, 1/2 sendok teh biji pala, 1/2 gengam daun srigading, 1 liter air
- cara pembuatanya cuci bersih semua bahan tersebut kemudian tumbuk sampai halus dan rebuslah hasil tumbukan tersebut dengan 1 liter air sampai mendidih .
- cara penggunaanya : setelah hangat saring dan minumlah 1 gelas sehari hingga sembuh.

Memperlancar ASI
- Bahanya : 1 rimpang kunyit
- cara pembuatannya : tumbuklah rimpang kunyit tersebut sampai halus
- penggunaanya : oleskan atau balurkan pada payudara hingga merata sebanyak 1 kali setiap 2 hari.


Mengobati diare
- bahanya : 3 rimpang kunyit, 10 gram gambir. dan sedikit kapur sirih
- cara pembuatannya : cuci hinnga bersih rimpang kunyit dan gambir kemudian campurkan sedikit kapur sirih dan tumbuk sampai halus kemudian tambahkan air matang secukupnya dan peraslah untuk diambil air sarinya.
- cara penggunaannya minumlah ramuan tradisional ini secara rutin pagi dan sore hingga sembuh.

Mengatasi nyeri pada lambung
Kunyit mengandung zat senyawa alkaloid curcumin yang berpungsi sebagai antibakteri dan bekerja merangsang dinding kantung empedu untuk mengeluarkan racun empedu sehingga sistem pencernaan berjalan baik.
Bahannya ; 2 rimpang kunyit seukuran ibu jari. 1/2 gelas air bersih, 1 sendok makan madu atau gula
- cara pembuatannya : rimpang kunyit ditumbuk sampai halus kemudian direbus denganair selama 15 menit lalu angkat dan saringlah kemudian ambil air sarinya setelah dingin campurkan madu.
- cara penggunaanya : minumlah 3 kali sehari sampai nyeri lambung tidak terasa lagi.

kunyit banyak juga manfaatnya untuk kecantikan kulit dan wajah karena didalam kunyit banyak sekali mengandung protein dan vitamin C nya dan juga mengandung bahan antiseptik yang dapat mengatasi peradangan pada kulit wajah yang berjerawat dan luka. dan perlu diketahui bahwa kunyit mempunyai sifat anti-inflansi dan anti-oksidan  yang sangat berguna untuk mengatasi kondisi pada kulit wajah kita seperti memperlambat penuaan atau keriput dan kulit kusam serta flek hitam pada wajah sehingga banyak wanita indonesia sejak dulu menggunakan rimpang kunyit untuk diolah menjadi bahan kecantikan tradisional seperti :

Menghilangkan bekas flek hitam pada wajah
- Bahanya ; 1-2 rimpang kunyit  dan gula secukupnya
- Cara pembuatanya ;  iris- irislah kunyit tersebut seperti keripik kemudian cuci sampai bersih hasil irisan kuyit dan jemurlah sampai mengering dan mengeras irisan kunyit tersebut
- Cara penggunaanya  gunakan irisan kunyit tersebut untuk membuat minuman dengan cara cukup ambil beberapa irisan kunyit tersebut lalu  campurkan gula secukupnya dan tambahkan air hangat minumlah 3x sehari untuk menghilangkan bekas flek hitam  pada wajah

mengatasi kulit wajah yang kusam
- Bahannya : 2-3 rimpang kunyit
- Cara pembuatanya : parut rimpang kunyit tersebut 
- Cara penggunaanya : bersihkan wajah terlebih dahulu kemudian oleskan atau balurkan hasil parutan kunyit tersebut keseluruh wajah dan diamkan selama 15- 20 menit kemudian bersihkan dengan air hangat dan diamkan sesaat lalu bilas kembali dengan air dingin agar menutup kembali pori-pori kulit wajah yang terbuka dan lakukanlah 1 atau 2 kali dalam 2 minggu

Mengatasi kondisi kulit akibat jerawat
- Bahanya : sediakan 1 rimpang kunyit
- Caranya : cuci  rimpang kunyit tersebut dan kupas kulitnya hingga bersih  kemudia parutlah kunyit tersebut.
- Cara penggunaanya : oleskan hasil parutan kunyit tersebut pada bagian noda yang berjerawat di wajah kemudian diamkan selama 15-20 menit kemudian bersihkan wajah dengan air bersih dan lakukan secara rutin.

 Mengatasi jerawat batu
- Bahanya: sediakan 2-3 rimpang kunyit dan1 buah jeruk nipis
- Caranya : parut rimpang kunyit sampai halus kemudian tambahkan perasan jeruk nipis secukupnya
- Cara oleskan atau balurkan pada wajah berjerawat hingga merata dan diamkan selama 15 menit kemudian bilaslah dengan air bersih.lakukan 2 kali seminggu. 

Disarankan jangan terlalu berlebihan dalam menggunakan ramuan kesehatan berbahan kunyit tetapi berbijaksanalah dalam pemakaiannya terutama bagi Lansia dan Ibu yang sedang hamil karena jika pemakaiannya terlalu berlebihan akan mengganggu kesehatan pada ginjal dan hati bagi Lansia dan mengganggu rangsangan pada rahim bagi ibu yang sedang hamil.

Demikianlah manfaat kesehatan dan kecantikan dengan bahan kunyit semoga bermanfaat untuk anda


Back To Top