Manfaat minum teh bagi kesehatan


Semua orang pasti mengenal dan pernah minum teh dan  budaya minum teh diperkenalkan oleh negara china pada tahun 2737 SM, tepatnya pada masa pemerintahan khaisar Shen Nong kemudian disebarkan oleh Pendeta Budha ke negara Jepang hingga perkembangannya sampai ke daratan Eropa. di Indonesia Teh mulai dipekenalkan pada tahun1864 oleh Dr.Andreas Clever  yang berasal dari kebangsaan Jerman.

manfaat minum teh bagi kesehatan

Dikenal dan disukainya daun teh  oleh banyak orang karena selain nikmat untuk diminum juga banyak manfaatnya bagi kesehatan seperti dapat menurunkan kolesterol dan daun teh mengandung tiga komponen penting yaitu mengandung kafein,yang memberikan efek stimulan (perangsang),tannin yang memberi rasa Sepat,Getir serta polifenol.dan polifenol itulah yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan karana polifenol berpungsi sebagai antioksidan yang kekuatanya 100 kali lebih efektif dibandingkan vitamin c dan 25 kali lebih tinggi dibandingkan vitamin E dan polifenol bertugas menangkal radikal bebas dan dapat dan dapat menghentikan sel  kanker.


manfaat minum teh bagi kesehatan sehat



Pada umumnya daun Teh di kelompokan menjadi 4 jenis teh yaitu: teh hijau, the hitam, teh oolong, dan teh putih. di Indonesia ada 2 jenis teh yang dikenal yaitu jenis teh Camellia sinensis varietas assamica yang biasa diolah menjadi teh hitam dan jenis Camellia sinensis varietas sienensis yang menjadi bahan baku dari teh hijau dan teh oolong yaitu jenis teh china yang di kenal nikmat. dan jenis teh yang paling dikenal dan popular di Indonesia adalah teh melati atau teh wangi melati yang bahan bakunya terdiri campuran daun teh dengan kuncup bunga melati.

Yang anda perlu ketahui dari Manfaat dan juga tips tentang teh bagi kesehatan adalah sebagai berikut :

1. Teh bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu meningkatkan sensitivitas insulin.

2. Minum teh berrmaat untuk dapat menghambat penumpukan plak di arteri sehingga mengurangi    resiko penyakit Jantung Koroner.

3. Meamang lebih praktis menyajikan teh dengan teh celup ketimbang dengan daun teh itu sendiri padahal, sebagian besar kemasan teh celup, dilapisi lilin. Agar manfaat tetap terasa,jangan menyeduh teh dengan air terlalu panas. Cukup kisaran suhu 80 derajat Celsius selama 3 menit saja agar kandungan Antioksidannya tidak hilang.

4. jika minum teh gunakan piranti dari tembikar atau keramik karena mampu menahan panas lebih lama dan tidak menyerap aroma teh.

5. Miuman teh dikenal orang untuk tidak digunakan untuk minum obat antibiotic, apabila kualitas teh itu cukup baik justru minum obat antibiotik akan memprkuat  khasiat antibiotik tersebut.

6. Minum teh bila dicampurkan dengan susu ,gula atau madu sebenarnya akan dapat menurunkan pungsi antioksidan dari teh tersebut.Namun tidak signifikan, sehingga masih boleh ditambahkan.tentu manfaat teh akan lebih optimal, bila tidak dicampur bahan-bahan lain.

7. Untuk gigi takut kuning.minumlah air putih  setelah mengkomsumsi air teh untuk menghilangkan pengendapan agar gigi tidak menjadi kuning.

8. Jangan menyimpan teh berdekatan dengan bahan yang ber aroma tajam karena teh sangat mudah menyerap bau simpanlah ditempat tertutup rapat dan kering agar kualitas teh tetap baik.


Tag : Tips mudah
Back To Top