Manfaat Rosella.

Mendengar nama rosella mengingatkan kita pada nama bunga yang indah ditaman, namun nama rosella tersebut adalah nama tanaman obat yang biasa di komsumsi oleh banyak orang untuk kesehatan dan penyegaran tubuh karena tanaman rosella mengandung manfaat yang besar untuk mengatasi berbagai penyakit dan juga bermanfaat untuk menjaga stamina tubuh agar senantiasa segar untuk melaksanakan aktifitas sehari-hari. walaupun tanaman bunga rosella tersebut masih banyak digunakan sebagai penghias taman.

manfaat rosella
Bunga rosella.


Manfaat Rosella sudah diketahui sejak dulu hingga kini oleh masyarakat luas terutama oleh orang yang senang dengan ramuan tradisional. tanaman rosella ini biasanya dikenal dengan tanaman bunga rosella atau bahasa latinnya hisbicus sabdariffa karena tanaman rosella ini hanya bunganya saja yang biasanya dimafaatkan  orang untuk mengatasi berbagai penyakit dan menjaga kesegaran tubuhnya.

Banyak manfaat rosella yang terkandung pada tanaman tersebut terutama bunga nya yang mengandung banyak nutrisi dan senyawa aktif dan seperti Riboflavin, protein, kalsium, magnesium ,kalium, besi, asam askorbat, beta carotene, omega-3,asam animo,vit A,B,C.

Manfaat tanaman bunga rosella akan semakin baik apabila bunga dari tanaman rosella tersebut telah dikeringkan karena senyawa aktifnya akan meningkat seperti senyawa aktif : flavoid, hisbiscetine dan sabdaretine, vitamin c, dan berbagai asam animo (esensial dan non esensial) yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kesegaran tubuh.

Manfaat rosella untuk kesehatan dan kesegaran tubuh diantaranya untuk :
- mengatasi batuk
- mencegah diabetes mellitus
- mengatasi sariawan
- mencegah panas dalam
- mengatasi hipertensi
- anti kanker
- peluruh kencing
- tonik atau penambah vitalitas
- mengatasi depresi
- untuk diet 
- mempelancar peredaran darah
- meningkatkan kerja usus
- mengatasi leukimia atau kanker darah
- mengurangi efek alkohol
- mengatasi sembelit 
- mengatasi asam urat
- mengatasi wasir
- mencegah stroke
- penghancur lemak
- mengatasi kolestrol.

Cara pengolahannya dari tanaman bunga rosella :
ambil 3-5 kelopak bunga kering rosella dan 1 sendok teh gula jawa dan ditambah 200 ml air panas 
cara pemakaiannya kelopak bunga yang sudah kering tersebut kemudian diseduh atau dicampur dengan air panas dan tambahkan 1 sdt gula jawa kemudian aduklah sampai rata dan diamkan selama 5 menit kemudian minumlah 2-3 gelas sehari.

Demikianlah keterangan atau informasi dari manfaat rosella untuk kesehatan dan kesegara tubuh semoga bermanfaat untuk anda.

Back To Top