Mencegah Virus Ebola



Penyakit virus ebola (EVD) adalah nama penyakit yang menyerang pada manusia yang diakibatkan dari virus ebola.  nama virus ebola itu sendiri berasal dari nama sebuah sungai yaitu sungai ebola yang terletak di Republik Demokratik Kongo utara. Penyakit Virus ebola ini biasanya menyebar di wilayah tropis Afrika Sub-Sahara. 

Sejak tahun 1976 (ketika pertama kali diidentifikasi) hingga 2013, kurang dari 1.000 orang per tahun telah terinfeksi. Penyebaran virus ebola terbesar hingga saat ini adalah penyebaran wabah  virus  Ebola Afrika Barat 2014 yang sedang terjadi pada saat ini, dan melanda Guyana, Sierra Leone, Liberia dan kemungkinan juga Nigeria.

Tahun 2014 merupakan wabah virus ebola terbesar hingga ada kabar bahwa pada bulan September 2014  terdapat positif  ebola di Negara amerika serikat. dan dari hasil riset yang publikasikan oleh journal PLOS kemungkinan juga penyakit virus ebola tersebut akan mulai semakin menyebar dan akan mencapai eropa  dengan melalui beberapa negara seperti negara prancis, belgia atau juga inggris.


mencegah virus ebola
Virus Ebola

Diwaspadailah Penyakit virus ebola ini memiliki kematian yang cukup tinggi pada si penderita penyakit  virus ebola tersebut. Dan sampai saat ini belum ada pengobatan atau vaksin khusus untuk penyakit virus ebola ini. dan hanya ada upaya khusus untuk orang yang terjangkit virus ebola ini dengan cara pemberian terapi rehidrasi oral (air yang sedikit  manis dan asin untuk di minum ) atau cairan intravena.
Penyakit Virus ebola ini pada manusia kemungkinan  disebabkan oleh kontak darah atau cairan tubuh pada hewan yang terinfeksi virus ebola ini biasanya hewan tersebut adalah monyet dan kelelawar buah dan hewan kelelawar buah diyakini membawa dan menyebarkan virus ebola tersebut tanpa terjangkit virus tersebut.dan begitu mengenai atau terinfeksi pada manusia virus itu dapat menyebar ke manusia atau orang lain. Setelah dua atau tiga hari hingga seminggu  terkena virus ebola  tersebut Gejalanya  biasanya demam,sakit tenggorokan, nyeri pada otot dan sakit kepala  dan juga  biasanya dikuti dengan mual, muntah dan diare dan menurunkan pungsi pada liver juga ginjal hingga sebagian menimbulkan  masalah pendarahan.
Pencegahannya adalah dengan selalu mencuci tangan setelah berpergian kemana saja, apalagi setelah bepergian mengunjungi atau berada di daerah orang-orang yang menderita virus ebola  tersebut. selalu menghindari kontak langsung dengan penderita penyakit virus ebola dengan mengenakan pakaian pelindung  dan tangan dan juga kaca mata  pelindung yang cukup baik apabila hendak kontak langsung untuk menangani atau menolong si penderita virus ebola tersebut. virus ini sangat mudah penyebarannya dengan melalui kontak langsung pada penderita virus ebola dan tidak pandang bulu bagi siapa saja yang berani mendekatinya.


mencegah virus ebola
Mencegah Virus Ebola

Periksalah hewan seperti monyet dan babi untuk upaya mengurangi penyebaran penyakit yang terinfeksi virus tersebut pada manusia. dan lakukanlah pemeriksaan dengan benar pada hewan yang terinfeksi tersebut artinya pakailah pakaian pelindung yang cukup serta membunuh dan membuang hewan tersebut dengan benar jika hewan itu benar ditemukan terjangkit virus tersebut. dan biasakanlah  selalu makan daging dan buah yang masih segar.

Tag : Tips mudah
Back To Top